Banyak Hal Berawal Dari Rumah

Bismillah,

Wanita muslimah haruslah  memiliki  peranan dan pengaruh yang besar terhadap pendidikan dan pembinaan generasi berikutnya, mencetak tokoh dan pahlawan masa depan, Menebar benih kehormatan, membangun pilar- pilar yang kokoh, menghiasi kehidupan dengan rasa cinta, kasih sayang, elok dan mengisi peraduannya dengan rasa aman, damai, tenang, ridha dan sejahtera. oleh karenanya  wanita muslimah adalah satu- satunya wanita yang paling siap untuk meraih dan menciptakan semua itu di tengah- tengah dunia wanita modern yang sangat melelahkan, memusingkan, penuh dengan glamour materi dan budaya kehidupan jahiliyah yang sudah merajalela di masyarakat yang jauh dari hidayah dan petunjuk dari Allah Jalla Wa ‘Ala.

Dia bisa melakukan semua itu karena dia mengenal dirinya dengan baik, tekun membina diri, membekali akalnya dengan pengetahuan yang bersih, dan menghiasi pribadinya dengan ajaran yang orisinil, sebagaimana yang diridhai oleh  Allah Jalla Wa ‘Ala dan Rasul- Nya, dan dibedakan dengan wanita- wanita lain di dunia ini. Kemudian Allah Jalla Wa ‘Ala menempatkannya sebagai wanita mulia, terhormat, terjaga, dan tidak disibukkan untuk mencari sesuap nasi walaupun dia kaya.

Allah Jalla Wa ‘Ala juga memberikan kebebasan kepadanya untuk menggunakan harta yang dimilikinya. Dia juga disamakan derajatnya dengan laki- laki, dari sisi kehormatan manusia dan beban- beban kewajiban secara umum. Dia juga memiliki hak dan kewajiban sebagaimana seorang laki- laki memiliki hak dan kewajiban. Wanita dan pria sama dihadapan Allah Jalla Wa ‘Ala, pahala yang diperoleh dan azab yang diterima sama antara laki- laki dan wanita.

Islam tidak hanya mengangkat derajat wanita dengan setinggi- tingginya saja, menunjukinya dari keterbelakangan, kehinaan, menjadi wanita yang maju, memiliki izzah, aman dan keahlian (skill) saja. Tetapi islam juga memberikan perhatian yang besar dalam membina kepribadiannya secara sempurna dan lengkap, meliputi seluruh sisi kehidupan dirinya secara individu, keluarga maupun sosial masyarakat. Sehingga dia mampu menjadi manusia yang berprestasi dan layak mendapat predikat sebagai khalifah di muka bumi ini. Bagaimana Islam membentuk kepribadiannya? Bagaimana pembentukan ini bisa sampai pada puncak yang tinggi, yang tidak dapat digapai oleh wanita lain dalam sejarah, kecuali hanya ada dalam agama ini?

Keimanan yang dalam, kokoh, dan suci, menambah kekuatan, kesadaran dan kematangan bagi kepribadian wanita muslimah. Dia memandang kehidupan dunia dengan kaca mata iman, sehingga dia sadar bahwa dunia adalah tempat ujian dan cobaan. Sedangkan hasil usahanya dapat dilihat pada hari kiamat, hari yang tidak diragukan kedatangannya. Allah Jalla Wa ‘Ala berfirman:

قُلِ ٱللَّهُ يُحْيِيكُمْ ثُمَّ  يُمِيتُكُمْ ثُمَّ  يَجْمَعُكُمْ إِلَىٰ يَوْمِ ٱلْقِيَٰمَةِ لَا رَيْبَ فِيهِ وَلَٰكِنَّ أَكْثَ ٱلنَّاسِ لَا يَعْلَمُونَ

“Katakanlah: “Allah-lah yang menghidupkan kamu kemudian mematikan kamu, setelah itu mengumpulkan kamu pada hari kiamat yang tidak ada keraguan padanya; akan tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui.” ( QS. Al Jatsiyah 26)

Dan Allah Jalla Wa ‘Ala juga berfirman:

أَفَحَسِبْتُمْ أَنَّمَا خَلَقْنَٰكُمْ عَبَثً وَأَنَّكُمْ إِلَيْنَا لَا تُرْجَعُونَ

” Maka apakah kamu mengira, bahwa sesungguhnya Kami menciptakan kamu secara main-main (saja), dan bahwa kamu tidak akan dikembalikan kepada Kami?” (QS. Al Mu’minun 115)

Dan Allah Jalla Wa ‘Ala juga berfirman:

تَبَٰرَكَ ٱلَّذِى بِيَدِهِ ٱلْمُلْكُ وَهُوَ عَلَىٰ كُل شَىْء قَدِيرٌ, ٱلَّذِى خَلَقَ ٱلْمَوْتَ وَٱلْحَيَوٰةَ لِيَبْلُوَكُمْ أَيُّكُمْ أَحْسَنُ عَمَلًا وَهُوَ ٱلْعَزِيزُ ٱلْغَفُورُ

” Maha Suci Allah Yang di tangan-Nyalah segala kerajaan, dan Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu, Yang menjadikan mati dan hidup, supaya Dia menguji kamu, siapa di antara kamu yang lebih baik amalnya. Dan Dia Maha Perkasa lagi Maha Pengampun.” (QS. Al Mulk 1-2)

Pada hari itu (kiamat) manusia akan dibalas atas amalan yang telah diperbuatnya, jika amalannya baik maka baiklah balasannya dan jika amalannya buruk, maka buruk pula balasannya, tanpa ada seorangpun yang merasa dirinya teraniaya atau dirugikan oleh Allah Jalla Wa ‘Ala. Allah Jalla Wa ‘Ala berfirman:

ٱلْيَوْمَ تُجْزَىٰ كُلُّ نَفْسٍۭ بِمَا كَسَبَتْ لَا ظُلْمَ ٱلْيَوْمَ إِنَّ ٱللَّهَ سَرِيعُ ٱلْحِسَابِ

“Pada hari ini tiap-tiap jiwa diberi balasan dengan apa yang diusahakannya. Tidak ada yang dirugikan pada hari ini. Sesungguhnya Allah amat cepat hisabnya.” (QS. Al Mukmin 17)

Dan timbangan amal di akhirat kelak sangatlah teliti, baik dan buruk amal yang telah diusahakan oleh manusia, ia akan mendapat balasannya. Allah Jalla Wa ‘Ala berfirman:

وَنَضَعُ ٱلْمَوَٰزِينَ ٱلْقِسْطَ لِيَوْمِ ٱلْقِيَٰمَةِ فَلَا تُظْلَمُ نَفْسٌ شَيْـًٔا وَإِن كَانَ مِثْقَالَ حَبَّةٍ مِّنْ خَرْدَلٍ أَتَيْنَا بِهَا وَكَفَىٰ بِنَا حَٰسِبِينَ

“Kami akan memasang timbangan yang tepat pada hari kiamat, maka tiadalah dirugikan seseorang barang sedikitpun. Dan jika (amalan itu) hanya seberat biji sawipun pasti Kami mendatangkan (pahala)nya. Dan cukuplah Kami sebagai pembuat perhitungan.” (QS. Al Anbiya’ 47)

Tidak syak lagi, bahwa wanita muslimah yang senantiasa terjaga dan berada dalam petunjuk- NYA, mampu merenungi makna- makna yang terkandung di dalam ayat- ayat ini Kemudian dia merasakan dengan mata batinnya kesulitan- kesulitan yang akan ditemuinya pada hari kiamat. Maka dia segera menghadap Allah Jalla Wa ‘Ala dengan ketaatan, tobat dan penuh rasa syukur, serta dia mempersiapkan bekal yang memadai untuk kehidupan akhiratnya, dengan segala bentuk dan warna amal saleh, sesuai dengan kesanggupannya.

Dhahran, 12 Juni 2013

Yang Menginspirasi:

  1. Buku Kepribadian Wanita Muslimah (Syakhshiyah al Mar’ah al Muslimah), karya : Dr. Muhammad Ali al Hasyimi
  2.  Wanita Yang Paling Bahagia Di Dunia, karya: Dr. ‘Aidh al Qarni.
  3.  IBTASIM (TERSENYUMLAH), karya: Dr. Aidh Abdullah Al Qarni.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s